Saat generasi DVD dimunculkan kita bisa melihat film dengan berbagai subtitle, bisa indonesia, enggris, malaysia, bahkan thailandpun juga bisa kita nikmati asalkan pada DVD tersebut disisipkan subtitle bahasa yang bersangkutan. Bagaimana dengan PC? saya mengetahui kalau sudah tersedia plugins untuk menyisipkan subtitle ketika sebelum menghadiri nikahnya my best friend Cak Ibnu menyempatkan main ke rumahnya Mas Edy. Sebuah film serial Hero yang sekarang lagi putar di Trans-TV dipamerkan pada saya lengkap dengan subtitle-nya. Program Xine, VLC maupun Totem Movie Player di Linux langusng bisa menampilkan subtitle yang berekstensi .SRT tersebut.

Ternyata prinsip kerja dari file subtilte ini mirip .LRC pada winamp. Setelah file berekstensi .SRT tersebut saya buka ternyata berisi kumpulan text lengkap dengan tag waktu supaya di load pemutar film saat di putar natinya. Jadi berbagahagialah jika anda adalah pengguna Linux karena rata-rata pemutar film di Linux langsung mengenali file berekstensi .SRT tersebut sebagai file subtitle dan akan ditampilkan di layar. Saratnya supaya ditampilkan di layar ada dua, pertama file berekstensi SRT sudah diberi time-tag, yang kedua nama file film dan file subtitle harus sama, misal film-nya berjudul Ace Age.dat, maka file subtitlenya harus berjudul Ace Age.srt kecuali jika pemutar film anda dilengkapi dengan fungsi Browse nama subtitle, maka anda bisa menentukan sendiri letak file subtitlenya.

Bagaimana dengan Windows?
Windows Media Player di XP belum mengenali SRT sebagai file subtitle, tetapi anda bisa menggunakan program-program lain yang bisa melakukan pekerjaan ini. Diantaranya VLC for Windows, DivX Subtitle Displayer, ataupun Free BS Player. Free BS Player ini nampaknya sangat bagus, walaupun disertai iklan, karena kita bisa mengatur letak subtilte sesuai selera anda. Bahkan disedikan juga fasilitas pengaturan OFFSET yang mudah, artinya kalau munculnya text terlalu cepat atau terlalu lambat anda tinggal menekan tombol Ctrl+Up atau Ctrl+Down sehingga text yang muncul bisa sesuai.

Bagaimana untuk mendapatkan file subtitle?
Kalau yang ekstrim anda bisa mengetik sendiri, tetapi ada juga situs penyedia subtilte. Contohnya http://www.opensubtitles.org/ Tetapi jika anda membuka situs ini saya sarankan matikan fasilitas view image-nya, karena kadang ada gambar-gambar yang tidak layak ditonton. Atau search saja di google dengan kata kunci subtitle nama film, atau bisa juga srt subtitle nama film. Rata-rata file subtitle tersebut sudah dilengkapi dengan penanda waktunya.
Cara lainnya, anda bisa menggunakan software yang bisa mengambil file subtitle dari sebuah DVD. Temukan sendiri di google, ada banyak software gratis yang mampu mengambil subtitle dari DVD.

Bagaimana cara menambahkan waktu pada file SRT ataupun menambahkan offset file SRT?
Jika anda pengguna windows, download DivXLand media Subtitle, software gratis ini sangat bagus untuk menambahkan waktu ataupun mereplace waktu pada file SRT hasil download anda. Tetapi memang sangat susah untuk menambahkan subtitle ini, karena anda harus tahu kapan aktor itu bicara dan kapan berhenti, jadi memang paling mudah adalah mendownload subtitle kemudian jika waktunya tidak sesuai tinggal di replace berapa menit.

Selamat mencoba, maka anda bisa dengan mudah membaca sekaligus mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Tentunya bahasa Inggris anda bisa lebih fasih lagi bukan?